Extracurricular, Sport, Arts, and Journalistic Competition (EXOTIC) ke-2 secara resmi dibuka oleh pimpinan Dayah Insan Qurani, Ust. Muzakkir Zulkifli, S.Ag, pada Jumat (17/9/2021) malam di panggung utama dayah.

Ketua Panitia EXOTIC 2, Syaikhuna Al Aziz mengatakan, seluruh cabang perlombaan pada kompetisi ini bertujuan untuk mengasah kreatifitas santri, melatih berfikir kritis dan analitis, dan membangun kerja sama santri.

Meski terlihat seperti kegiatan perlombaan antar siswa, menurutnya keseluruhan proses pelaksanaan lomba merupakan bagian dari pendidikan itu sendiri, termasuk bagi panitia yang menyelenggarakan acara.

“Semua kegiatan yang kita saksikan, rasakan, dan lakukan di dayah Insan Qur’ani adalah bagian dari Pendidikan,” ujarnya.

Untuk itu ia berharap, meriahnya kegiatan EXOTIC 2 tidak hanya dimaknai santri sebagai ajang adu kreatif semata, melainkan juga untuk memperhatikan nilai-nilai kekompakan yang terbangun, rasa tanggung jawab, sportifitas, kepemimpinan, dan hal-hal tidak langsung lainnya selama proses pelaksanaan kegiatan, sebagaimana amanah dari Pimpinan Dayah.

EXOTIC 2 memerlombakan dua puluh cabang lomba yang diikuti oleh santri dari kelas 7 MTs hingga kelas 12 MA Insan Qurani. Lima di antaranya merupakan penambahan cabang baru, yaitu blogger competition, silat, estafet, daur ulang, dan nasyid acapella.

Tema ‘from nothing to be something’ yang diusung EXOTIC 2 memiliki makna untuk tidak menganggap remeh siapapun. Aziz mengatakan panitia ingin menunjukkan bahwa santri yang sehari-hari terlihat biasa-biasa saja juga memiliki bakat tersembunyi dan siap ditampilkan di hadapan publik.

Seremoni kegiatan pembukaan ditutup dengan penampilan tari Saman Gayo oleh satri asal Aceh Tengah dan sekitarnya, serta hadrah yang dibawakan oleh santriwati kelas 12 Madrasah Aliyah.

Kegiatan ini dijadwalkan berlangsung sampai tanggal 19 September 2021 dan tidak mengundang pihak luar.

 

 

Komentar Anda