Pimpinan Dayah Insan Qurani, Ust. Muzakkir Zulkifli, S.Ag, membuka secara resmi kegiatan Festage (Festival of Language) ke-5 dan Muhadharah Kubra 4 di panggung utama dayah, Rabu malam (25/8/2021). Kegiatan ini hanya diikuti oleh santri dan dewan guru dayah Insan Qurani.

Selama 4 hari ke depan, santri akan mengikuti berbagai cabang perlombaan bertema bahasa asing, seperti drama bahasa Arab dan Inggris, debat, story teller, olimpiade, vlog, hikayah dan lain-lain. Santri juga akan silih berganti berpidato dalam empat jenis bahasa, yaitu bahasa Aceh, bahasa Indonesia, bahasa Arab dan juga bahasa Inggris.

Dalam kata sambutannya, pimpinan dayah menyampaikan bahwa kegiatan ini telah menjadi agenda tahunan dayah untuk menjaga dan meningkatkan kualitas bahasa.

“Semua kegiatan yang anak-anak saksikan, rasakan, dan lakukan di dayah Insan Qur’ani adalah bagian dari pendidikan. Salah satunya seperti penyelenggaraan kegiatan ini.” Ujar Pimpinan Dayah.

Tidak hanya itu, Ust Muzakkir juga berharap agar santri di dayah Insan Qur’ani dapat mengambil kesempatan untuk membuat perubahan yang berguna untuk masa depan dan tidak menyia-nyiakan kesempatan belajar bahasa selama di dayah Insan Qur’ani.

Ketua panitia kegiatan, Aufa Muhajir, mengatakan Festage  2021 memperlombakan  24 cabang lomba bertema bahasa asing yang diikuti oleh 558 orang santri dayah Insan Qur’ani.

Panitia mengkhususkan kegiatan ini sebagai kegiatan internal dan tidak mengundang peserta dari luar karena pandemi.

Meskipun demikian panitia berharap kegiatan dapat berlangsung maksimal dan meriah seperti tahun-tahun sebelumnya.

Penutupan dan pengumuman para juara juara dijadwalkan berlangsung pada malam Senin (29/8/2021) nanti.

Reporter : Inayah Alya, Awra silmina, Taufik Hidayat
Departemen Jurnalistik dan Humas

 

Komentar Anda