7 orang santri Dayah Insan Qurani berhasil menjuarai Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Kabupaten Aceh Besar pada cabang yang berbeda, Sabtu (28/8/2021). 5 di antaranya dinyatakan berhak melaju ke KSM tingkat Provinsi Aceh.

Akmal Maulana meraih juara satu pada cabang IPS Terpadu Terintegrasi, Imam Kamil Rafiansyah juara dua pada cabang Matematika Terintegrasi. Keduanya utusan dari MTs Insan Qurani.

Sedangkan dari tingkat Aliyah, Muhammad Zhilaal meraih juara dua pada cabang Geografi Terintegrasi, Lestari Handayani Manik juara tiga pada cabang Kimia Terintegrasi, sedangkan Jashima Fitaria memperoleh juara dua pada cabang Ekonomi Terintegrasi.

Kemudian Sartika Sari Ramadhani meraih juara harapan dua pada cabang Matematika Terintegrasi dan Khansa Nabila Arina Putri meraih juara harapan tiga pada cabang Fisika Terintegrasi.

KSM merupakan kompetisi bergengsi yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama setiap tahun dan diikuti oleh madrasah dan sekolah mulai dari jenjang SD/MI, MTs/SMP, dan MAN/SMA. Pada tahun 2021 ini, KSM diikuti oleh 3.145 siswa dari berbagai madrasah dan sekolah dari 23 kabupaten/kota di seluruh Aceh.

Direktur Pendidikan Dayah Insan Qurani, Ust. Wahyudin, Lc, mengatakan hasil baik ini menunjukkan santri Dayah Insan Qurani tetap fokus dalam belajar meski di tengah situasi pandemi.

“Pandemi sama sekali tidak menyurutkan tekad dan semangat anak-anak kita untuk belajar dengan tekun di dayah kita ini. Selamat kepada anak-anak kami semuanya.” Ujar Ust. Wahyudin.

Selain itu, ia juga mengatakan jika KSM merupakan kompetisi yang sangat ketat karena diikuti oleh seluruh sekolah di Aceh.

“Alhamdulillah utusan Insan Qurani ada yang bisa juara di tingkat kabupaten dan bisa maju ke Provinsi. Ini semua tidak terlepas dari dukungan dan doa yang tulus dari para guru dan juga wali santri di rumah.” Pungkasnya.

Komentar Anda