Anggota Ikatan Alumi Timur Tengah (IKAT) Aceh Ust. Ivan Aulia, Lc, MA, akan menjadi Imam Shalat Gerhana Bulan di Mesjid Baitul Azhim Gampong Aneuk Batee, Aceh Besar pada hari Rabu, 26 Mei 2021 pukul 19.15 WIB atau setelah shalat maghrib berjamaah.

Sementara yang menjadi khatib adalah Ust. Dr. Suhrawardi Ilyas, S.Si, M.Sc, dosen FMIPA USK yang juga merupakan anggota Badan Hisab Rukyat Provinsi Aceh.

Kontak bulan dengan bayangan penumbra bumi sudah mulai terjadi pada pukul 15:47:39 WIB dan puncak gerhana bulan total terjadi pada pukul 18:11:26 WIB hingga pukul 18:25:54 WIB. Namun bagi masyarakat Aceh, gerhana baru dapat disaksikan pada pukul 18.50 WIB karena bulan baru terbit pada waktu tersebut di ufuk timur.

Informasi ini disampaikan oleh Pembina LPP Astronomi Dayah Insan Qurani, Rahmatul Fahmi.

Ia juga menjelaskan, pada saat terjadi gerhana, bulan sedang berada pada posisi yang dekat dengan bumi, sehingga akan tampak sedikit lebih besar dibandingkan bulan pada waktu-waktu biasanya.

“Pada saat gerhana, bulan sedang dalam keadaan supermoon karena jaraknya sedang dekat dengan bumi. Bulan punya orbit berbentuk elips sehingga memungkinnya untuk memiliki jarak terjauh dan terdekat dalam satu periode orbitnya.” Jelasnya.

Ia juga berharap fenomena gerhana dan shalat khusuf ini dapat menambah semangat santri untuk mempelajari sains serta dapat mengenal  Allah dengan lebih baik.

Komentar Anda