Santriwan dan santriwati kelas XI Madrasah Aliyah Dayah Insan Qurani mengikuti Seminar Nasional Character Building Indonesia Recovery for Youth di Hotel Permata Hati, Senin, (5/4/2021).

Seminar yang diselenggarakan oleh Wirausaha Muda Nusantara (WIMNUS) ini bertujuan untuk mengajak anak muda Indonesia agar dapat berfikir lebih aktif dan fokus pada peluang dibandingkan terhadap uang.

Ketua Umum WIMNUS, Mr. Syafii Efendi, juga hadir langsung dan menjadi pembicara. Ia adalah rektor termuda Indonesia pada usia 29 tahun. Selain itu, Mr. Syafii juga merupakan President of Youth Indonesia dan penerima dua rekor dunia Musium Rekor Indonesia (MURI), Presiden Pemuda Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) dari Indonesia, dan merupakan pengusaha sukses yang memiliki lima kampus pribadi dan sembilan perusahaan.

Menurut Mr. Syafii Efendi, anak bangsa banyak yang hilang tujuan selepas menyelesaikan kuliah. Hal ini menyumbang peningkatan angka pengangguran di Indonesia hingga menjadi 7,45 juta orang.

Ia mengatakan, anak muda seharusnya berani bercita-cita untuk sukses selepas menyelesaikan kuliah. Sebab menurutnya, sukses itu bukan berasal dari ijazah, tetapi dari diri sendiri.

Selain itu, Mr. Syafii juga membagi 10 langkah menjadi sukses, sebagaimana yang dirangkum oleh reporter insanqurani.net sebagai berikut.

  1. In the Zone. Berhenti menjalani hidup dengan kata orang, kita hidup dengan kata Tuhan. Berhenti mendengar caci maki,dan gunakan ‘dendam positif’ untuk membungkam orang. “Tugas anda menyukseskan diri anda.” Begitu ucapnya.
  2. Jangan hidup di masa lalu. Kita tidak akan bergerak maju sebelum memaafkan masa lalu.
  3. Jangan menyalahkan siapapun. Kebiasaan kita hanyalah menyalahkan orang lain atau suatu hal lain. Padahal seharusnya kita mencari solusi ketika ada masalah bukan mencari hal untuk dipermasalahkan.
  4. Fokus perbaiki input. Teman adalah nasib, jika ingin mengubah nasib maka ubahlah teman. Dan balas dendam yang terbaik adalah balas dendam dengan diri sendiri.
  5. Belajar dari yang terbaik dan bekerja sama dengan yang terbaik. Jika kita ingin jadi yang terbaik maka belajar ke yang terbaik karena disitulah kita dapat suatu hal yang baru dan mengayomi kita untuk berbuat lebih.
  6. Ketika kita menginginkan sesuatu maka kejarlah sampai ke garis Finish. Apapun rintangannya pasti ada solusi. Dan kadang solusi itu memang dari hal yang dikira tidak mungkin.
  7. Kita harus bisa untuk kerja keras jangka panjang seperti dengan bangun relasi. Cara membangun relasi di antaranya: bantu kepentingannya, buat deal dengannya, jauhi hutang, meminta sumbangan, dan meminta kerjaan.
  8. Memiliki alasan yang kuat. Yang sering terjadi malah ketika kita dapat melakukan sesuatu karena kepepet. Atau Bahasa lainnya ‘the power of kepepet’.
  9. Lebih baik kita salah bertindak daripada kita tidak bertindak sama sekali.
  10. Kita dapat berubah dengan cara memaksa, dengan memaksa kita menjadi bisa, dan setelah itu kita akan terbiasa.

Reporter : Sartika Sari Ramadhani, Inayah Alya, Awra Silmina
Departemen Jurnalistik Dayah Insan Qurani

Komentar Anda