Pimpinan Dayah Insan Qurani, Ust. Muzakkir Zulkifli, S.Ag, membuka kegiatan Daurah Al-Quran Ramadhan keempat di halaman madrasah, Sabtu sore (17/4/2021). Kegiatan ini diagendakan akan berlangsung hingga 15 Ramadhan mendatang.

Dalam tausiahnya, pimpinan dayah berpesan kepada santri untuk dapat mencapai target hafalan yang maksimal. Bila mungkin, ada yang bisa khatam hingga 30 juz.

Program ini, lanjutnya, telah dicanangkan sebagai program wajib tahunan Dayah, khususnya untuk santri kelas lima.

“Program ini kita laksanakan rutin setiap tahun. Kita menginginkan selama dua minggu ini, anak-anak kami bisa berusaha maksimal untuk menambah hafalan al-Qurannya.” Ujar Pimpinan Dayah.

“Untuk yang sudah memiliki hafalan di atas 20 juz, harus mengkhatamkan hafalannya seperti tahun-tahun sebelumnya. Contohi Ust. Nasrullah, yang berhasil mengkhatamkan hafalan al-Qurannya dalam program ini. Saat ini Ust. Nasrullah bahkan menjadi Ketua Karantina Ramadhan ke IV dayah kita ini.” Lanjutnya

Pimpinan Dayah berharap, santri benar-benar memaksimalkan masa karantina Ramadhan untuk fokus dan sebanyak mungkin menghabiskan waktu bersama al-Quran. Disamping juga melakukan kegiatan bermanfaat lain di dayah. Sehingga bulan Ramadhan dapat dilalui dengan penuh ibadah dan kegiatan positif oleh santri. Untuk itu Ust. Muzakkir berharap santri dapat mengatur waktunya dengan baik, termasuk waktu istirahatnya.

“Karena semuanya harus didukung dengan kekuatan fisik dan kekuatan rohani yang maksimal.” Ujar pimpinan dayah.

Daurah Al-Quran ini diikuti oleh 176 santri putra dan 203 orang santri putri.

Komentar Anda