28 orang santri Anggota Lembaga Pengembangan Prestasi (LPP) Astronomi putri Dayah Insan Qur’ani melakukan praktik falakiyah di Obsevatorium Tgk Chik Kuta Karang Lhoknga, Aceh, Pada Minggu (22/03/2021)

Selama di Observatorium, santri mengikuti kuliah astronomi dan melakukan praktik penggunaan teleskop bersama staf observatorium, Ustadz Faiyad Mushaddaq dan Ustadz Rahmatul Fahmi.

Santri belajar seluk beluk bulan, mulai dari asal usul, fitur bulan, karakteristik orbit, cara membaca posisi benda langit dan rukyatul hilal, hingga kaitannya dengan ibadah umat Islam. Santri juga berkesempatan menggunakan berbagai instrumen falakiyah yang tersedia di Observatorium Tgk. Chik Kuta Karang.

Ketua LPP Astronomi Insan Qurani, Ustadz Aznur Johan, MA, mengatakan, kunjungan ini merupakan program rutin Dayah Insan Qurani untuk memaksimalkan pembelajaran ilmu falak bagi santri, khususnya yang tergabung dalam LPP Astronomi.

“Selain anggota putri, anggota putra juga akan melakukan praktikum pada hari Selasa besok.” Ujarnya.

Ia berharap santri dapat belajar banyak dari pengajar di observatorium sambil melakukan praktikum penggunaan alat-alat astronomi yang ada di observatorium.

Ustadzah Amiratul Birri Yusuf, pembina yang mendampingi santri di Observatorium, mengaku, santri terlihat bersemangat mengikuti seluruh rangkaian acara yang disiapkan staf observatorium. Santri aktif bertanya dan mencatat materi yang diberikan.

“Alhamdulillah santri sangat bersemangat mengikuti kegiatan ini. Terlebih konsep pembelajarannya menggunakan media digital interaktif, teleskop, dan binokular yang disiapkan staf observatorium.” Ujar Ustadzah Amira.

 

Reporter : Inayah Alya, Nadya Qathrunnada, Sartika Sari Ramadhani

Departemen Jurnalistik dan Humas OSDIQ Dayah Insan Qurani

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar Anda