Cairo, Shadiq Cairo – Harapkan nasehat dan doa menjelang ujian, Shadiq Cairo mengadakan silaturrahmi virtual dengan Pimpinan Dayah Insan Qurani, Ust Muzakir Zulkifli, S.Ag, Ahad (14/2/2021). Acara tersebut berlangsung pukul 20.00 WIB (waktu Indonesia) atau 15.00 CLT (waktu Mesir).

Dalam acara tersebut, Ust Muzakir menegaskan kepada seluruh Alumni IQ yang saat ini berdomisili di Mesir dan menjadi Mahasiswa Universitas Al-Azhar, Kairo, untuk sesegera mungkin menyelesaikan pendidikannya.

Ust Muzakkir meminta untuk mengatur teknis atau pola belajar dalam mengelola waktu sebaik mungkin. Sehingga dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan yg lebih tinggi lagi dengan cepat.

“Dalam belajar itu perlu strategi, pergunakan waktu 4-5 tahun itu dengan baik, cepat selesai S1, cepat juga sambung S2,” ujar Pimpinan Dayah.

Sesuai dengan tujuannya, acara virtual kali ini mengusung tema “Mengaharap Berkah Menggapai Najah”. Pemilihan tema tersebut merupakan bentuk dari harapan setiap alumni untuk sukses dalam ujian termin pertama di Universitas Al-Azhar.

Dapat Beasiswa, 3 Alumni Insan Qurani Terbang Ke Bogor

Panorama Ilmu di Negeri Para Nabi

Asyraf Muntazhar, Alumni IQ 2017 Terpilih sebagai Ketua PPI Maroko

Silaturahmi daring tersebut diadakan melalui aplikasi Zoom dan diikuti oleh seluruh anggota Shadiq Cairo.

Ust Muzakkir juga mengingatkan, bahwasanya belajar adalah hal yang sangat penting. Menurutnya, semua materi yg sudah dipelajari harus dikuasai secara menyeluruh dan dipahami secara sempurna.

Pimpinan Dayah berharap dan berdoa semoga seluruh alumni mendapat hasil yang maksimal serta memuaskan. Beliau juga meminta agar memanfaatkan waktu luang dengan sebaik mungkin.

Di penghujung pertemuan, Pimpinan Dayah berpesan agar jangan pernah jauh dari Al-Qur’an.

“Al Quran itu merupakan sebuah kekuatan tersendiri bagi kita. Jangan pernah jauh dari Al-Quran.” Pesannya.

Meski diadakan secara virtual, Ziaurrahman, Ketua Shadiq Cairo, menyampaikan acara berlangsung lancar. Alumni Insan Qurani mengikuti seluruh rangkaian acara dengan antusias.

“Dengan izin Allah, Alhamdulillah pertemuan daring yang sarat makna tersebut berjalan dengan lancar. Semoga acara tersebut menjadi salah satu jembatan penghubung antara ustadz di dayah dengan kami para alumni di luar negeri.” Pungkasnya.

 

Diantara pesan Ust Muzakir yang dikutip pada acara ini yaitu:

  • Harapannya untuk semua alumni IQ agar bisa dengan cepat menyelesaikan kuliah tepat waktu. Teknis belajar serta pengelolaan waktu sangat menentukan. Bilamana cepat selesai s1, maka tentu bisa dengan cepat melanjutkan s2 dan seterusnya.
  • Belajar adalah segala-galanya. Semua materi yang sudah dipelajari harus dikuasai secara komprehensif (keseluruhan), jangan belajar tanggung-tanggung dan tidak disempurnakan
  • Harapannya semoga alumni IQ bisa meraih nilai semaksimal mungkin, yaitu Imtiyaz degan memanfaatkan sisa waktu yang ada sekarang untuk persiapan ujian degan sebaik-baiknya. Hafal materi yang sekiranya memang perlu untuk dihafal.
  • Belajar terbagi dua, belajar untuk mencari ilmu dan belajar untuk mencari nilai. Belajar mencari ilmu seperti yang biasa dilakukan di talaqqi untuk mendapat ilmu tambahan. Belajar mencari nilai sudah mencakup belajar untuk ilmu.
  • Saling menjaga dan mengingatkan satu sama lain. Saling mengajak dan merangkul kawan bila ada yang lalai.
  • Pandai dalam mengatur strategi belajar dan pengelolaan waktu. Harapannya alumni IQ semua harus bisa dapat sanad, karena itulah yang membedakan kalian degan pelajar lain di Indonesia
  • Apapun jurusan yang kalian pilih, bahasa harus tetap dikuasai bahkan bahasa inggris juga. Makanya kalian harus berbaur dengan seluruh orang, jangan cuma berkawan sesama alumni IQ saja, tapi juga ikut gabung dengan siapa saja, baik org non-Aceh atau non-Indo.
  • Maksiat harus dijauhi. Salat satu yang termaksud maksiat adalah menggunakan medsos yang overtime sehingga mengurangi jatah waktu belajar
  • Waktu setelah subuh paling bagus untuk belajar, karna saraf-saraf otak masih segar, daya kekuatan hafalan sangat kuat di waktu ini, maka harus dimaksimalkan. Orang-orang sukses biasanya memanfaatkan waktu sehabis subuhnya
  • Jangan jauh dari Al-Qur’an, karena itu merupakan sebuah kekuatan untuk kita.
  • Perbanyak doa dan tahajud.

*Departemen Jurnalistik Shadiq Cairo

Komentar Anda