Departemen Bahasa Organisasi Santri Dayah Insan Qurani (OSDIQ) melaksakan seminar daring via aplikasi Zoom pada Rabu malam, (30/12/2020).

Seminar yang bertemakan Kuasai Bahasa Genggam Dunia ini, diikuti oleh 70 peserta dan menampilkan Muammar Ridwan, pria asal Nagan Raya yang menguasai 13 bahasa sebagai pemateri utama.

Dalam acara tersebut, Ridwan menyebut jika ia menguasai ketiga belas bahasa dengan belajar secara otodidak (belajar sendiri). Ridwan juga menyampaikan bahwa bahasa itu penting untuk masa depan.

“Dengan bahasa kita akan menjadi lebih pintar, mudah bergaul dengan orang luar, mudah dalam mempelajari culture (budaya) berbagai negara dan terhindar dari penyakit pikun.” Katanya.

Ia juga memberikan tips dalam berbahasa kepada para peserta. ” Pelajari 10% grammar, perbanyak kosa kata dan practice, Insya Allah dengan ketiga tips ini, adek-adek semua bisa menguasai bahasa.” Tukasnya

Selain mempelajari grammar, menurut Ridwan, hal penting lainnya yaitu mempraktikkan bahasa asing dalam kehidupan sehari-hari.

“Ala bisa itu karena terpaksa bukan karena terbiasa. Bicaralah dengan bahasa supaya terbiasa, untuk membiasakannya kita perlu memaksakan diri sendiri.” Imbuhnya.

Ketua Departemen Bahasa Putri OSDIQ, Dirta Wardatul Ula, seminar ini diselenggarakan untuk mempromosikan bahasa asing kepada santri Dayah Insan Qurani.

“Kami ingin adik-adik kami sadar, betapa pentingnya menguasai bahasa asing. Di samping itu seminar ini juga kami tujukan untuk menumbukan ketertarikan santri Dayah Insan Qurani terhadap bahasa asing.” Ujar Dirta.

Selain itu, Dirta juga berharap agar pertemuan daring dengan pemateri jago 13 bahasa asing tersebut dapat membantu santri Insan Qurani untuk lebih bersemangat dalam belajar bahasa asing di dayah.

Reporter: Wildan Shafly
Departemen Jurnalistik OSDIQ

Komentar Anda