Lima santri Dayah Insan Qurani Aneuk Batee berhasil meraih juara 1, dan tiga santri lainnya meraih juara 2 di cabang berbeda pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-9 Tingkat Kabupaten Aceh Jaya, di Kecamatan Jaya (30/11/2020).

Pengumuman para juara diumumkan oleh dewan hakim MTQ Kabupaten Aceh Jaya pada malam penutupan.

Kelima santri yang mendapatkan juara 1 tersebut adalah Shahibul Kiram pada cabang Tilawah Remaja Putra, Achmad Ovid Kausar pada cabang Hifzhil 5 Juz Putra, Syarifah Karimah pada cabang Hifzhil 10 Juz Putri, Nazhirah pada cabang Tilawah Remaja Putri dan Ananda Azkia pada cabang Syarhil Qur’an Putri (sebagai pembaca tilawah).

3 Santri yang mendapatkan juara 2 yaitu Bidril pada cabang Tilawah Anak-anak Putra, Al Huda Saina pada cabang Hifzhi 5 Juz Putri, dan Sharfina pada cabang Qira’ah Sab’ah Murattal Remaja Putri.

Selain dari MTQ Aceh Jaya, 3 santri Dayah Insan Qurani juga berhasil meraih juara 1 cabang Fahmil Quran pada seleksi MTQ Kota Langsa. Ketiga santri tersebut atas nama M. Dzikra Rantona, Taufiqurrahman dan M. Zhilal.

Sekretaris Dayah Insan Qurani, Ust. Alfirdaus Putra, SH, MH, mengucapkan selamat atas raihan prestasi santri dalam MTQ Aceh Jaya dan berharap dapat memicu semangat santri lainnya untuk belajar lebih giat dan mengukir prestasi tertinggi sesuai bakat minatnya masing-masing.

“Alhamdulillah ini kabar gembira bagi kita semua dan juga wali santri. Kami ucapkan selamat kepada anak-anak kami. Semoga para juara ini dapat menularkan semangat belajar kepada santri-santri lainnya.” Ujar Ustadz Alfirdaus.

Meski santri berhasil mendapatkan banyak juara, Ustadz Alfirdaus mengingatkan agar Lembaga Pengembangan Prestasi Dayah Insan Qurani tidak terlena dan dapat terus mengoptimalkan potensi santri secara maksimal.

“Santri yang kita asuh adalah amanah dari wali santri yang harus kita maksimalkan kemampuan akademik, ubudiyah, dan prestasinya secara simultan. Kami ucapkan juga selamat kepada LPP Insan Qurani dan terus tingkatkan pembinaan untuk mengeluarkan setiap potensi yang dimiliki santri kita.” Pesannya.

Saat ini LPP Dayah Insan Qurani aktif menyelenggarakan kegiatan pembinaan bakat minat setiap malam bagi santri sesuai bakat minat santri.

Berikut daftar santri Insan Qurani yang meraih juara pada MTQ Kabupaten Aceh Jaya:
1. Bidril : Juara 2 Tilawah Anak-Anak Putra
2. Shahibul Kiram : Juara 1 Tilawah Remaja Putra
3. Al Huda Saina : Juara 2 Hifzhil 5 Juz Putri
4. Achmad Ovid Kausar : Juara 1 Hifzhil 5 Juz Putra
5. Syarifah Karimah : Juara 1 Hifzhil 10 Juz Putri
6. Sharfina : Juara 2 Qira’ah Sab’ah Murattal Remaja Putri
7. Nazhirah : Juara 1 Tilawah Remaja Putri
8. Ananda Azkia : Juara 1 syarhil Qur’an Putri (Tilawah)

3 Santri Juara 1 Selesksi MTQ Kota Langsa cabang Fahmil Quran:
1. M. Dzikra Rantona
2. Taufiqurrahman
3. M. Zhilal.

Komentar Anda