Pimpinan Dayah Insan Qurani, Ust. Muzakkir Zulkifli, S.Ag, membuka event Festival of Language & Muhadharah Kubra, Jumat malam (2/10/2020).

Kegiatan diikuti oleh santri Insan Qurani dan hanya dihadiri oleh pembina tanpa mengundang pihak luar.

Hingga hari Rabu (7/10/2020) ke depan, santri akan mengikuti berbagai event perlombaan. Ranking satu, Spelling Bee, Fathul Qamus, Bilcate, debat bahasa Arab dan bahasa Inggris, translator, qiraatul kutub, essai, english olimpiade, arabic olimpiade, bahtsul ilmi, scrabble, hikayat, brain out, drama bahasa arab dan bahasa Inggris, story teller, dan master of question.

Kegiatan dibuka dengan penampilan Mars Insan Qurani dan Tari Saman.

Pimpinan Dayah dalam kata sambutan pembukaan menyampaikan bahwa Festage merupakan bagian dari pendidikan, namun dibungkus dengan kegiatan seni yang bernuansa hiburan.

Oleh karena itu Pimpinan Dayah menginginkan agar seluruh wali kelas dapat mengikutkan semua anak-anak kelasnya dan acara dapat berlangsung dengan suasana ceria.

Dalam kesempatan yang sama, Pimpinan Dayah juga berharap agar santri dapat belajar sebanyak-banyaknya selama berada di dayah, termasuk saat mengikuti Festage, namun tidak bercita-cita menjadi guru. Sebab menurutnya, santri memang harus menjadi guru bagi siapapun dan di manapun kelak ia berada.

“Karena itu seorang guru harus pandai berdrama. Dia harus bisa marah dalam tersenyum. Juga harus tersenyum dalam marah.” Ujarnya.

Lebih lanjut pimpinan berharap Festage dapat menjadi inspirasi bagi santri untuk melanjutkan pendidikan ke berbagai belahan dunia. Termasuk ke negara-negara yang belum ada alumni IQ di sana.

“Tahun ini ada tambahan alumni Insan Qurani yang melanjutkan pendidikan ke Turki, juga ke Brunei Darussalam.” Ujar Pimpinan Dayah.

Kegiatan pembukaan selanjutnya diisi dengan penampilan video kiriman dari alumni Insan Qurani yang berada di luar negeri dan juga penampilan drama.

Komentar Anda