Kairo, insanqurani.net – Shadiq (Silaturrahmi Himpunan Alumni Dayah Insan Qurani) menggelar Webinar Online alumni pada Jumat malam (30/10/2020) guna memperkukuh peran Alumni di dayah Insan Qurani.

Acara ini diikuti secara daring oleh seluruh alumni Dayah Insan Qurani yang kini tersebar di beberapa negara. Di antaranya Mesir, Sudan, Maroko, Brunei Darussalam, Malaysia, dan juga dari dalam negeri.

Kegiatan yang mengusung tema “Kontribusi Alumni Dalam Perkembangan Ma’had” tersebut menghadirkan dua pembicara utama, yaitu Pimpinan Dayah Insan Qurani, Ust. Muzakir Zulkifli, S.Ag dan Wakil Pimpinan Dayah, Ust. Murtadha, Lc.

Dalam pertemuan virtual tersebut, Ust. Muzakir menekankan agar alumni bersungguh-sungguh dalam menimba ilmu supaya dapat kembali sesegera mungkin guna mengabdi di Aceh. Selain itu, Pimpinan Dayah juga menghimbau agar alumni tidak pernah meremehkan hal kecil sekalipun.

“Hal yang luar biasa lahir ketika kita pandai mengelola hal-hal yang biasa.” Ujar Ustadz Muzakir.

Merincikan harapan Pimpinan Dayah, Ust. Murtadha mengungkapkan jika itu merupakan wujud perhatian Ust. Muzakir untuk menjadikan alumni sebagai penerus estafet dayah dalam memajukan pondok ke depan.

Memiliki integritas, disiplin, pekerja keras, kompetitif, inovatif, serta berbalut cinta adalah diantara kunci kesuksesan yang harus dimiliki oleh seorang alumni. Hal tersebut bertujuan supaya para alumni mudah diterima diĀ  masyarakat.

Menutup acara tadi malam, Ust. Murtadha menghimbau kepada seluruh alumni untuk belajar betul tentang nilai kesabaran seperti yang telah diajarkan oleh sosok Ust. Muzakir. Menurutnya, di situlah nilai lebih seseorang tersimpan, ketika dia dapat menyempurnakan segala hal dengan sabar.

“Para alumni adalah penerus estafet dayah, harapan ini diutarakan karena mereka paham betul ruh dayah yang telah disemai semenjak awal berdirinya Dayah Insan Qurani.” Ungkapnya.

Oleh sebab itu, sedari sekarang nilai solidaritas harus dibangun dalam diri seluruh alumni. Shadiq sebagai wadah tempat berembuk pakat serta menyatukan ide seluruh alumni diharap dapat menjadi salah satu faktor pendongkrak kejayaan dayah seperti yang terkutip dalam salah satu bait lagu mars Insan Qurani, “Jayalah Insan Qurani tercinta”.

Saat ini alumni Dayah Insan Qurani yang terhimpun dalam organisasi alumni Shadiq mencapai 301 orang. Mereka tersebar di Mesir, Sudan, Maroko, Brunei Darussalam, Malaysia, dll.

Reporter: Divisi Jurnalistik Shadiq

Komentar Anda