Guru Besar Fakultas Psikologi UIN Ar-Raniry Profesor Eka Sri Mulyani menjadi pemateri seminar online kiat menulis dan menerbitkan buku yang diselenggarakan Departemen Humas dan Jurnalistik Organisasi Santri Dayah Insan Qurani (OSDIQ), Jumat malam, 11 September 2020.

Seminar yang bertema Kiat Menulis & Menerbitkan Buku ini diikuti oleh pengurus OSDIQ melalui tayangan proyektor di Perpustakaan Dayah Insan Qurani. Selain itu, santri yang sedang belajar dari rumah juga turut mengikuti melalui aplikasi Google Meet.

Prof. Eka menyampaikan, menulis berarti menumpahkan ide atau perasaan yang dirasakan penulis dengan kata-kata.

“Inspirasi untuk menulis bisa datang kapan saja dan dimana saja, maka bawalah kertas dan pena ke mana saja untuk mengikat setiap ide yang didapat,” katanya.

Menulis menurutnya, terapi untuk setiap orang ketika sedang sedih, gelisah ataupun saat sedang banyak masalah.

“Menulis bukan hanya menuangkan ide-ide ke sebuah media, tapi juga membuang energi negatif yang ada di kepala,” kata Eka.

Eka juga memberikan solusi atas masalah yang menimpa setiap penulis yaitu writer’s block, keadaan di mana para penulis tidak bisa menuangkan idenya ke dalam bentuk tulisan.

“Untuk bisa menulis dengan baik, seorang penulis harus rajin membaca.“Membaca adalah menambahkan kata-kata ke dalam diri, semakin banyak membaca berarti kata-kata yang dimasukkan juga semakin banyak,” kata Eka.

Di akhir pemaparannya, Eka memberi semangat kepada para pengurus OSDIQ agar konsisten dan semangat dalam menulis dan menghasilkan karya tulis.

“Sementara itu menulis adalah menuangkan isi pikiran atau ide dengan bantuan kata-kata. Jadi, membacalah untuk menambah kata-kata, supaya kita bisa menuangkan ide yang ada di dalam diri kita kedalam sebuah media, tentunya dengan kata-kata yang didapat dari membaca,” katanya. []

Komentar Anda