Santriwan dan santriwati Dayah Insan Qur’ani mengadakan kegiatan penghijauan di Dayah Insan Qur’ani dengan menanam berbagai jenis bunga di pekarangan dayah, Minggu (6/9/2020). Kegiatan ini juga didampingi oleh ustadz dan Ustazah Dayah Insan Qur’ani yang ikut menanam bunga bersama anak-anak untuk memperindah lingkungan Dayah Insan Qur’ani.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mendukung gerakan BEREH (Bersih, Rapi, Estetis dan Hijau) yang merupakan program dari pemerintah Aceh. Hal ini disampaikan oleh Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah pada Upacara Peringatan Hari Santri ke-5 Tahun 2019, di Lapangan Blang Padang. Dalam pidatonya, Plt Gubernur Aceh mengajak seluruh Santri dan Dayah atau pesantren untuk mendukung Gerakan Bersih, Rapi, Estetis dan Hijau (BEREH) di seluruh lingkungan dayah dan pesantren.

Hal serupa juga di sampaikan oleh Sekretaris Daerah Aceh, dr. Taqwallah M. Kes  dalam pertemuan dalam pertemuan dengan 30 Pimpinan Dayah di Kawasan Aceh Besar dan Banda Aceh dalam rangka sosialisasi Program BEREH di Dayah bulan Maret lalu. Dalam pertemuan ini Sekda juga menyampaikan kiat-kiat dalam menjalankan program BEREH agar tidak harus bertumpu pada biaya namun efektif menggerakkan terwujudnya lingkungan yang BEREH.

Menjaga keindahan dan kebersihan sejalan dengan semangat Islam dalam mengelola lingkungan. Hal tersebut yang coba diaplikasikan santri melalui kegiatan tanam bunga ini. Di samping itu juga akan menciptakan suasana nyaman bagi santri dalam melakukan proses kegiatan belajar mengajar. Serta memberikan kesan positif bagi setiap tamu yang berkunjung ke Dayah.

Ustazah Ruwaida, Istri Pimpinan Dayah Insan Qur’ani, sebagai pelopor kegiatan penghijauan ini berharap agar kegiatan ini bisa memberikan manfaat untuk Dayah. “Fasilitas yang sederhana bukanlah alasan untuk tidak mengindahkan lingkungan Dayah kita. Harapannya, keindahan, kebersihan, kerapian bisa kita ciptakan di lingkungan Dayah kita hingga tercipta nuansa yang merefleksikan nilai-nilai Qur’ani di semua bidang, tidak hanya di bidang akademik tapi juga dalam hal lingkungan Dayah kita”, Ucapnya.

Komentar Anda