Mengawali tahun baru Islam 1442 H, santri dan dewan guru Dayah Insan Qurani mengadakan buka puasa asyura bersama dan khatamul Quran. Kegiatan ini dimulai dengan buka puasa bersama pada sabtu sore (29/08/20), dilanjutkan dengan agenda khatamul Qur’an selesai shalat Isya, kemudian shalat tahajud bersama pukul 04.00 pagi, dan di akhiri dengan agenda penyampain tausiyah dan doa khatamul pagi Minggu, (30/8/2020).

Agenda buka puasa bersama ini sudah menjadi tradisi di Dayah Insan Qur’ani. Karena kondisi pandemi, tradisi ini sempat terhenti disebabkan aktivitas dayah diliburkan sejak 16 Maret 2020 yang lalu.

Ust. Muhammd Zarqali, S.Ag, Ketua Bidang Ubudiyah Dayah Insan Qur’ani mengatakan bahwa puasa sunnah ini dilaksanakan oleh seluruh asatiz/zah dan santriwan/wati Dayah Insan Qur’ani, agar sama-sama dapat mengambil peluang pahala dari Allah Swt. Hal ini mengikuti hadits Rasulullah Saw yang mengatakan bahwa puasa ‘Asyura dapat menghapus dosa-dosa kita setahun yang lalu.

“Selain buka puasa bersama, setiap malam ahad anak-anak melaksanakan shalat tahajud berjama’ah. Alhamdulillah selama ini sudah rutin dijalankan dan harapannya ke depan juga kegiatan ini terus dilaksanakan agar santriwan/wati tidak lupa dengan ibadah sunnah yang telah di anjurkan oleh Rasulullah Saw.” Ucap Ust. Zarqali.

Dalam agenda Khatamul Qur’an, Ust Murtadha, Lc, Wakil Pimpinan Dayah Insan Qurani, dalam tausiyahnya berharap agar program seperti ini dapat terus rutin dilakukan sehingga dapat memacu santriwan dan santriwati mencapai targetnya dalam menghafal Al-Qur’an.

“Bayangkan jika Al-Qur’an ini ada di dalam dada kita. Bukan hanya membaca dan hafalan yang sekedar rutinitas, tapi masuk ke dalam sanubari kita. Ini yang akan mengangkat derajat kita di sisi Allah Swt.” Pesannya.

Selain itu, Ust Murtadha juga menerangkan bahwa bulan Muharram termasuk di antara bulan-bulan yg mulia disisi Allah. Bulan-bulan di sisi Allah itu ada 12 bulan. Dan di antara itu ada 4 bulan haram yaitu Muharram, Rajab, Zulqaidah, Zulhijjah. Orang yang melakukan kebaikan di bulan haram ini akan Allah lipatkan gandakan pahalanya. Begitu juga dengan dosa yang kita lakukan di bulan ini akan Allah gandakan dosanya.

“Alhamdulillah kita dapat mengisi bulan mulia ini dengan kegiatan yang mulia, saat di tempat yang lain mungkin belum bisa melakukan kegiatan seperti kita. Kita doakan semoga pandemi ini akan berakhir sehingga berbagai kegiatan dapat normal kembali.” Terangnya.

Saat ini Dayah Insan Qurani memiliki 16 orang pembina tahfidz putra untuk kelompok Tsanawiyah, 11 pembina untuk kelompok aliyah, dan 1 orang pembina tahfidz khusus. Sedangkan untuk kelompok tahfidz putri diasuh oleh 17 pembina untuk kelompok tsanawiyah, 13 pembina untuk kelompok aliyah.

Komentar Anda