3 orang santri Dayah Insan Qurani Aceh Besar berhasil meraih juara 1 MTQ tingkat Kabupaten Bener Meriah, di Gedung LPTQ Bener Meriah, Senin (6/7/2020). Shalihah, Ghania Khalida Bilqisthi, Hafni Syafira, ketiganya merupakan putri kelahiran Bener Meriah.

Shalihah, santri kelas 1 Madrasah Aliyah Insan Qurani mengatakan, timnya mewakili Kecamatan Syiah Utama dalam cabang Fahmil Quran dan berhasil unggul dari kecamatan Bukit dan Mesidah dengan selisih 1225 poin dari tim peringkat kedua di babak final.

Atas hasil ini, mereka dinobatkan sebagai juara pertama cabang Fahmil Quran dan juga berhak mengikuti training center bersama dua tim terbaik lainnya untuk mengikuti seleksi peserta yang akan mewakili Bener Meriah pada gelaran MTQ Tingkat Provinsi Aceh pada 2021 mendatang.

Pimpinan Dayah Insan Qurani, Ustadz Muzakkir Zulkifli, S.Ag, bersyukur dan mengucapkan selamat atas prestasi yang diraih oleh para santrinya tersebut. “Kami ucapkan selamat dan terus semangat berlatih dengan giat anak-anak kami. Kami sangat senang dan bersyukur. Semoga dapat lanjut ke tingkat provinsi, kembali menjadi juara dan mengharumkan nama Bener Meriah dan juga Insan Qurani.” Tutur Pimpinan Dayah.

Untuk berlaga di MTQ Kabupaten Bener Meriah 2020 ini, Shalihah, Ghania dan Hafni, telah melakukan persiapan sejak bulan Maret lalu, sebelum kegiatan belajar di dayah diliburkan karena pandemi covid19. Kemudian dilanjutkan dengan mengikuti pemusatan latihan seminggu sebelum kegiatan MTQ dimulai.

Hafni Syafira mengatakan, ia dan teman-temannya bersyukur latihan dan pertempuran di meja Fahmil Quran MTQ berbuah juara I untuk Kecamatan Syiah Utama. Ia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan melatih timnya selama ini. “Terimakasih atas segala doa, dukungan, serta bimbingan ustad/ustadzah, Pak Camat, official dan pelatih di TC, serta para kakak/abang kelas di Dayah Insan Qur’ani. Doakan kami agar dapat terpilih dan tampil maksimal di tingkat provinsi nanti.” Kata Hafni.

MTQ Ke-VIII tahun 2020 tingkat Kabupaten Bener Meriah tersebut diikuti oleh sebanyak 287 peserta putra dan putri, dari 7 cabang yang diperlombakan yaitu, Tilawah, Tahfidz Quran, Sharhil Quran, Fahmil Quran, Tafsir Quran, MMQ dan Khatil Quran.

Reporter : Wildan Shafli
Tim Jurnalistik dan Humas OSDIQ

Komentar Anda